Minggu, 04 Oktober 2009

Kupatan Day

Pertama-tama,marilah kita tundukkan kepala sejenak dan berdoa untuk para korban gempa di Padang,Sumatra Barat. Semoga semua amal perbuatannya bisa diterima di sisi-NYA. Dan untuk keluarga yang ditinggalkan,semoga diberi ketabahan. Amien.



OK,Lanjut men.

Kali ini gw mo cerita soal perayaan Kupatan di kota (kecil) Rembang. Perayaan Kupatan adalah hari dimana kebanyakan manusia Rembang membuat ketupat,kemudian membagikannya kepada tetangga,sodara,ato dimakan sendiri. Kalo keluarga gw sih nungguin dikasih ketupat ma sodara,coz nyokap males bikin ketupat. Gw pribadi sebenernya gak suka-suka amat ama makanan yang satu ini,kalo gak kelaperan bener sampe mo makan sofa. Perayaan Kupatan diadain tepat seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.


Jangan sampai makanan khas Indonesia yang Maha Lezat ini diklaim oleh Malaysia

Yang khas dari perayaan Kupatan di kota Rembang adalah, di jalanan pusat kota Rembang,lebih tepatnya perempatan Njaini,ada bejibun pedagang impor yang entah darimana datangnya untuk berjualan disana. Dagangan yang biasanya dijual adalah kaos,mainan anak-anak yang bunyinya thoet-thoet, kapal-kapalan yang bunyinya othok-othok-othok,perkakas dapur,martabak,es jus,dsb (dan saya bingung). Di dalam Taman Kartini juga terdapat beberapa arena permainan tambahan seperti,komedi putar,dermolen,tong setan,tong kosong bunyinya PREEEEET (hehehe :) ...just intermezzo),dan lain-lain.

Waktu gw masih SD dulu,gw gak pernah absen pergi ke perayaan Kupatan baik yang di perempatan Njaini maupun yang ada di dalem Taman Kartini. Entah untuk sekedar beli mainan lah,liat cewek cakep lah,maen dermolen lah,ngebrojolin celana penjual martabak lah,dan sebagainya. Yang jelas gw gak pernah absen. Image yang kebentuk di kepala gw pas SD dulu adalah,kalo anak SD yang belom dateng ke Taman pas perayaan Kupatan berarti bukan anak gaul (gampang ngibul). Yeah,karena gw pengen jadi anak gaul,tiap ada Kupatan gw pasti ngajak bokap nyokap kesono sambil morotin duitnya biar dibeliin mainan..Ahhh,betapa indahnya masa kecilku..

Begitu beranjak SMP,gw udah mulai ogah-ogahan kesono. Gw baru mau kesana karena dipaksa-paksain nyokap. Alesannya sih bwat nemenin dia. Gw lebih seneng nyari tempat sepi,tenang,gak bau asap kendaraan bermotor,gak bau ketek penjual martabak, yaitu di rumahku tercinta,lebih tepatnya WC. Keogahan inipun berlanjut ketika gw naik kasta ke SMA. Gw sama sekali gak pernah ke perayaan Kupatan di Taman Kartini semenjak gw SMA. Jadi,gw gak begitu tau detailnya kayak apa perayaan Kupatan di Rembang tahun ini.



Ok,deh...Segini dulu.Kapan-kapan disambung lagi.

Salam Ngebor...

4 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mengatakan...

namanya tulang selangka 8)

Huda mengatakan...

Wahhhh, payah bob!!!

Bobi mengatakan...

@anonim : makasih ya,jadi tahu kalo tulang itu namanya tulang selangka...heheheh...kalo komen lagi dikasih nama donk, biar gak bingung gue..meheheh

Bobi mengatakan...

@Huda : ok...ok...

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories